Jumat, Oktober 10, 2008

[Kelahiran] Kusambut dengan Hamdalah



Rabu, 1 November 2006

Ummi dan jiddah sibuk masak sambal goreng bola-bola daging. Ummi kebagian nguyel-nguyel daging jadi bola-bola kecil. Perut ummi terasa mulas lagi. Pikir ummi, ini cuma his palsu mengingat Due Date nya baru tanggal 10 November, berarti sekarang baru masuk minggu ke 37.

Siangnya ummi masih sempat sms-an dengan abi yang sedang training di UK. Abi kirim sms begini " Anak sholeh, lahirnya tunggu abi pulang aja ya... Kasian ummi ya, dede sayang anak pintar..."

Malamnya sekitar jam 11, ummi tidak bisa tidur. His-nya terasa mengganggu, walaupun kalau dihitung2, belum teratur dan tidak bertambah kuat. Waktu ummi cek, ternyata sudah ada bloody show. Kami pun segera berangkat ke RS (supaya tenang).

Kamis 2 nov 06 : 00.05 wib
Sampai RS, Ummi langsung dibawa ke VK di lantai 5. Ternyata baru pembukaan 1, tapi his nya kok sering ya? Tiap lima belas menit sekali, tapi durasinya cuma 1-2menit. Intensitasnya juga kurang kuat. Ummi langsung masuk rawat inap.

03.00 wib
Mulasnya makin terasa. Awalnya ummi masih bisa murottal juz 30, tapi sekarang sudah ngga kuat lagi. Tiap his nya datang, ummi pegangan ke tempat tidur kuat-kuat untuk menahan nyeri. Waktu bidan datang,dicek masih bukaan 1.

06.00 wib
Sudah tidak bisa apa2, his datang 5 menit sekali. Intensitasnya cukup. Tapi pembukaan belum maju2, masih pembukaan 1, tapi kepala sudah turun.

08.00 wib
Ketuban sudah pecah.
Masih juga bukaan 1.
dr Ramayanti, SpOG memutuskan induksi dengan Cytotec per vaginam. Denyut jantung bayi normal.

10.00 wib
Pembukaan 2. Ummi sudah tidak kuat, jiddah telpon abi sambil menangis. Minta izin untuk SC (Sectio Caesaria) saja, takut bayinya kenapa2. Tapi akhirnya kami putuskan untuk menunggu, karena kondisi bayi masih stabil.

14.30 wib
Pembukaan 4. Ummi masuk ruang VK lagi. Disana ada 3 orang lain yang juga sedang in partu. Bidan semua repot, jadi ummi cuma ditemani jiddah. Ummi akhirnya inisiatif pakai knee chest position alias menungging, untuk mengurangi rasa nyeri. Bidan yang lihat sempat heran. (kemana aja bu bidan, di update dong ilmunya..hehe..)

16.00
Pembukaan 9.
Duh.....Allah...nyerinya..... Tiap his datang, ummi tarik nafas dalam2 sesuai pelajaran senam hamil dulu. Dan ummi coba tetap bertasbih sambil ingat2 hal2 yang menyenangkan. Sambil meremas tangan jiddah yang disamping ummi. Ummi minta tolong jiddah mengecek kalau2 kepala dede sudah terlihat.

Akhirnya, dr Ramayanti datang juga. Ternyata pembukaan sudah lengkap, dan ummi diminta mengejan. Dalam sekali kontraksi dan sekali mengejan, dede pun keluar dibantu episiotomi. Alhamdulillah ya Allah... Benar2 sulit diungkapkan perasaan ummi waktu itu...

Bidan2 disana heran, karena ummi sama sekali tidak mengeluh apalagi menjerit-jerit sama sekali selama proses kelahiran, mulai datang di RS sampai dede lahir. Sementara di sekitar ummi, ibu2 lain heboh menangis, menjerit2 bahkan marah2 kepada suaminya. Ummi pikir, buat apa menjerit2 cuma menghabiskan tenaga. Ikhlas dan sabar saja, insya Allah ini jihadnya wanita :)

Alhamdulillah, dede lahir sehat dan selamat. Biarpun tidak ditunggui abi, tapi semua keluarga kita mendampingi ummi lho... Ada mide, jid, jiddah, aa rizqy, bia, wawa, wa mafu... Lengkap semua...

Ummi batal melakukan Inisiasi Menyusu Dini, karena dr. Ramayanti membius ummi dengan Valium sementara menjahit luka episiotomi. Kecewa juga, tapi tidak mengurangi kebahagiaan ummi....

Inilah buah hati ummi dan abi, Lahir pada hari Kamis, 2 November 2006 pukul 16.47 wib.
Di RS HONORIS, Tangerang.
Berat badan 2,95 kg.
Tinggi badan 47 cm.
Golongan darah A.
Penolong persalinan : dr Ramayanti, SpOG dan Bidan Nita.

Selamat datang dede, matahariku...
Semoga kelak menjadi anak sholeh...
Menjadi pemimpin kaum muttaqin...
Menjadi hafidz Qur'an...
Allahumma amin...

2 komentar:

Unknown mengatakan...

subhanalloh bgt kak crita nya...
saya smpe netes air mata...
skrng saya lg bedrest total kak, AB Iminent jg...sedih bgt krn saya jg jauh dari kluarga,,,tp alhmdulilah disini saya bersama suami...
skrang sya di samarinda,kluarga di jogja, kakak msh di balikpapan..??
doakan saya ya kak,agar bisa kuat, sabar dan ikhlas dlm menghadapi smua nya seperti kakak...amin...

Unknown mengatakan...

mohon maaf, apakah punya tlp dr. ramayanti, bisa dikirmkan via email. karena lokasi saya jauh untuk ke tangerang, terakhir 1 bulan lalu.

salam